Senin, 07 Januari 2019

Beri Semangat Petani Sayur Babinsa Ngancar Ikut Terjun Ke Lapangan


Magetan - Babinsa desa Sertu Purmiadi  memberikan semangat petani sayur dengan  membantu petani  menanam wortel di lahan seluas 0,4 hektar milik bpk Supar (52 thn) anggota poktan  Setio Tani dusun ngancar barat desa ngancar kecamatan Plaosan. Selasa (8/1/2019)

Dalam mempersiapkan lahan tersebut, Sebelum benih wortel di tanam terlebih dahulu di lakukan persiapan dengan di jemur sampai benih betul-betul kering serta termasuk pengolahan lahan nya. Pengolahan lahan ini dengan cara di cangkul dengan membalik balikkan tanah supaya jadi gembur dan di bentuk petak petak -+ luas 1-1,5 meter(di gulud ) di sesuai kan dengan kondisi atau luas lahan nya. Diantara gulud (bedengan) di buat parit -parit -+10 - 15 cm yang berfungsi untuk mengatur masuk keluar nya air sehingga wortel tidak tergenang .

Bahkan sebelum tanam ,lahan tersebut harus betul- betul gembur supaya tanaman wortel bisa tumbuh dengan subur serta dilakukan pembersihan rumput -rumput liar dan lain nya,hal ini di lakukan 2-3 hari sebelum benih wortel di tanam/di sebarkan.

Babinsa desa Sertu Purmiadi  menuturkan, bahwa hal ini dilakukan dengan harapan supaya warga lainnya ikut memanfaatkan lahan kosong miliknya untuk menanam tanaman sayur-sayuran. Hal seperti ini bisa kita jadikan sebagai contoh, karena lahan kebun lereng Gunung Lawu dapat berguna besar jika digunakan secara maksimal, salah satunya dengan menanam sayur-sayuran, “tuturnya”

Ia juga mengunggukapkan, bahwa kegiatan pemanfaatan di pegunungan untuk menanam sayur  ini merupakan upaya mewujudkan ketahanan pangan yang telah diprogramkan oleh pemerintah. “Peran aktif Babinsa selalu aktif melakukan pendampingan kepada warga dan petani yang ada di wilayah binaan masing-masing, supaya mereka lebih termotivasi guna mewujudkan program ketahanan pangan daerah,” ucapnya.

Bapak Supar  warga RT 10 RW 01 dusun ngancar barat desa ngancar selaku pemilik lahan sangat senang dengan kehadiran babinsa dalam membantu petani sayuran  dan peran serta babinsa dalam kegiatan pertanian sehingga menjadi penyemangat bagi para petani. “tuturnya” (R.02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar